Sabtu, 01 Juni 2013

Apa Yang Dimaksud Dengan SCSI?


SCSI merupakan sebuah tipe interface yang digunakan untuk komponen-komponen komputer seperti hard disk, optical drive, scanner dan tape drive. Teknologi SCSI merupakan teknologi yang bersaing dengan standar IDE (Integrated Drive Electronics).
Sementara teknologi IDE telah terintegrasi pada motherboard, SCSI merupakan sebuah teknologi yang harus ditambahkan dengan membeli sebuah SCSI controller. Kartu SCSI dapat masuk pada slot PCI internal. Perangkat SCSI (SCSI device) kemudian dapat dihubungkan pada kartu tersebut.
SCSI merupakan teknologi yang lebih cepat dan lebih kuat (robust) dibandingkan dengan IDE, dan telah lebih dulu digunakan pada server. Selain dari kecepatan, salah satu keunggulan lain dari IDE adalah bahwa kartu SCSI dapat menghubungkan 15 perangkat atau atau lebih secara linear. Controller memberikan (assign) setiap perangkat dengan SCSI ID, memungkinkan fleksibilitas yang tinggi untuk meningkatkan sistem apapun.
Untuk sebuah server, SCSI merupakan pilihan yang paling tepat untuk RAID (Redundant Array of Independent Disks), sebagai drive tambahan yang dapat ditambahkan jika dibutuhkan. Jika sebuah komputer tidak dapat menggunakan SCSI RAID, semisal karena teknologinya mengalami “overkill”, sebuah SATA RAID merupakan alternatif yang baik dengan harga yang terjangkau.
Pada tahun 2005, high-end SATA atau Serial ATA drive dengan kecepatan data transfer (data transfer speed) sebesar 150 MB/sec dapat disejajarkan dengan sebuah Ultra 160 SCSI RAID.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar